Beberapa jenis makanan bisa membantu mengikis lemak, sehingga membuat diet Anda terasa lebih mudah. Berikut enam jenis bahan makanan dan minuman tersebut.

1. Air
Minum delapan gelas air putih yang sudah didinginkan hingga 4,5°C dalam sehari akan membakar 200 kalori, setara dengan lari 4,8 km. Air es akan membakar kalori lebih banyak dari air biasa. Hal itu karena metabolisme tubuh meningkat untuk mengubah suhu air agar sesuai dengan suhu tubuh. Namun, hindari pengonsumsian air es ketika makan, karena akan mencairkan enzim pencernaan. Sebagai gantinya, pilih air bersuhu ruangan.

2. Teh hijau
Beberapa penelitian membuktikan bahwa kandungan ekstrak cannotic dan asam gymnemic dalam teh hijau bermanfaat untuk mengurangi penyerapan gula ke dalam darah dan membantu mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan manis. Selain itu, teh hijau juga membuat makanan bergerak lebih cepat melalui sistem pencernaan, mempercepat metabolisme, dan membakar kalori lebih banyak. Untuk hasil maksimal, minum teh hijau sebelum makan.

3. Lemon dan cuka
Sebanyak 1 sdt lemon atau cuka yang dicampur ke dalam segelas air putih dapat memperlambat rasa lapar. Usahakan minum air putih dengan lemon di pagi hari untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah.

4. Seledri
Seledri juga sering digunakan untuk menenangkan saraf. Karena itu, sediakan seledri segar untuk kudapan ketika stres. Selain itu, seledri juga mampu meluruhkan emak dalam sistem pencernaan tubuh kita.

5.Cabai
Segala jenis cabai, bahkan, yang berbentuk bubuk sekalipun, mengandung capsaicin, yang dapat meningkatkan suhu tubuh, sehingga membantu membakar kalori.

6. Jahe
Jahe dapat meningkatkan metabolisme dan membakar kalori, karena jaringan tubuh harus mengeluarkan energi ekstra hingga 20% untuk mengolahnya. Jahe juga meningkatkan suhu tubuh, sehingga menstimulasi mekanisme pembakaran lemak dalam tubuh menjadi lebih efektif.

sumber: http://www.fitnessformen.co.id/article/4/2014/1160-Nutrisi-Pembakar-Lemak